logogif.jpg

Pendaftaran Tes CPNS Pemda Tertunda

BENGKULU – Pendaftaran tes CPNS 2013 sudah dimulai. Hingga tadi malam, sudah ada lima instansi pusat yang telah resmi mengumumkan tes CPNS tahun anggaran 2013.

Lima instansi itu adalah Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Sedangkan pendaftaran tes CPNS di lingkungan Pemda Provinsi dan kabupaten yang seyogyanya telah dilaksanakan sejak Senin (2/9), terpaksa tertunda. Namun para pencari kerja (pencaker) mesti besabar, pendaftaran belum dapat dimulai sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh kementerian Aparatur Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Tarmizi, B.Sc, S.Sos menjelaskan, tertundanya pendaftaran tes CPNS itu dikarenakan KemenPAN-RB belum menyampaikan rincian formasi kepada Pemda Provinsi. Termasuk petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak-juknis) pelaksanaan, diantaranya mengatur syarat pendaftaran. “Kalau rincian formasi dan juklak-juknisnya sudah kami terima, pendaftaran langsung akan kami buka,” kata Tarmizi ramah.
Karena belum ada kepastian, kemarin siang Tarmizi langsung bertolak ke Jakarta, untuk kembali mempertanyakan rincian formasi. “Kalau kami terima, besok (hari ini,red) kami sampaikan kepada media. Artinya Rabu (4/9) baru bisa keluar diumumkan,” tutur Tarmizi.
Salah satu media cetak yang dipercayakan BKD Provinsi untuk mengumumkan pendaftaran tes CPNS yakni Harian Rakyat Bengkulu (RB). Untuk itu, pembaca setia RB baca terus Koran RB untuk mengetahui kabar terbarunya.
Sambung Tarmizi, rencananya untuk pendaftaran tes CPNS Pemda Provinsi akan dilakukan secara online, melalui situs resmi yang dimuat Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Pemda Kabupaten yang melaksanakan tes CPNS seperti Pemda Seluma, Pemda Kepahiang, Pemda Lebong, Pemda Rejang Lebong dan Pemda Kaur diimbau untuk melakukan hal yang sama. “Namun berkas hardcopy nanti harus tetap disampaikan juga,” terang Tarmizi.
Ditegaskan pula, bahwa domisili tidak menjadi syarat pendaftaran tes CPNS. Untuk itu pencaker Bengkulu bisa mendaftar ke provinsi lain. Sebaliknya, pencaker dari provinsi lain dapat mendaftar ke Bengkulu. “Kan online. Siapa yang mau melarang,” kata Tarmizi.
Seperti dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet http://www.setkab.go.id, MenPAN-RB telah mengirimkan jadwal pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Tenaga Honorer Kategori II dan Pelamar Umum. Surat Edaran yang ditujukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah.
Isinya antara lain, jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dari tenaga honorer K-II (gaji/pendapatan tidak bersumber dari APBN/APBD, jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dari Pelamar Umum dengan sistem Lembar Jawaban Komputet (LJK), jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dari Pelamar Umum dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dan spesifikasi materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS dari Pelamar Umum sebagai bahan untuk melaksanakan proses pelelangan dalam rangka penggandaan oleh instansi pelaksana (K/L, Provinsi, Kabupaten/Kota).
Sebagaimana diketahui, dalam seleksi CPNS tahun 2013 ini digunakan dua sistem, yaitu untuk Kementerian/Lembaga (K/L) Pusat dan daerah-daerah yang sudah ada Kantor Regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Negara (BKN), yakni 12 daerah, menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sedangkan instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang tidak ada Kanreg BKN menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK).
Sesuai Surat Edaran Menteri PAN-RB itu, maka pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar dan seleksi administrasi CPNS dari Pelamar Umum yang menggunakan LJK dan CAT adalah tanggal 2-28 September. Pelaksanaan TKD Pelamar Umum dengan sistem CAT adalah 29 September – November. Sedangkan Pelaksanaan TKD Pelamar Umum dengan sistem LJK adalah 3 November. (ble) 

Sumber : http://harianrakyatbengkulu.com/pendaftaran-tes-cpns-pemda-tertunda/

Author : helmy/isweldy